Jangan Rugi Ketika Shopping, Kenali Fakta Tentang Diskon

Posted by   Ihatrayudha   |   Categories :   Umum

Diskon atau Sale menjadi kata paling menarik dan membahagiakan bagi semua pecinta dan penggila shopping di segala penjuru dunia. Bahkan, satu kata ini memiliki daya tarik tersendiri bagi yang tidak memiliki hobi shopping sekali pun. Alasannya sederhana, mengejar diskon agar pengeluaran lebih hemat tetapi bisa untung lebih banyak. Tak jarang pula, banyak orang tidak mempertimbangan apakah mereka butuh atau tidak dengan barang-barang diskon tersebut. Rata-rata, ketika shopping mereka cepat tergiur dan tanpa pikir panjang untuk membeli asalkan ada label diskon yang tersemat. Oleh karena itu, tak sedikit yang mengaku kecewa setelah membeli barang hasil diskonan. Tahukah Anda, seringkali pengelola menyalahgunakan label diskon dengan cara menaikkan harga asli barang tersebut terlebih dahulu, sehingga harga akhir sebenarnya sama saja. Dan tahukah Anda, bila sebenarnya praktek diskon ini memiliki suatu pola khusus. Agar tidak rugi dan bisa lebih waspada ketika shopping, ada baiknya Anda mengetahui 5 fakta tentang diskon berikut ini.

  • Angka diskon di mal sering berakhir dengan angka 9

Pernahkah Anda mendengar tentang psikologi harga? Salah satu psikologi harga adalah kecenderungan pembeli hanya akan memperhitungkan digit di sebelah kiri dibandingkan dengan yang ada di sebelah kanan. Karena itu sebabnya, angka 9 terlihat jauh lebih menarik ketimbang angka 0.

  • Buy One Get One Free

Beli satu gratis satu, merupakan strategi jitu dalam menarik pembeli. Ini merupakan strategi pemasaran yang akan berdampak pada perilaku pembelian pelanggan. Ketika para calon pembeli mengetahui, bahwa mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan ketika shopping, secara tidak langsung ini memotivasi mereka untuk melanjutkan proses pembelian sebanyak-banyaknya, karena calon pembeli seolah mendapat keuntungan dengan mendapatkan barang gratisan tersebut. Tapi coba Anda cermati lagi, bukankah produk yang wajib dibeli adalah produk yang dibanderol dengan harga lebih mahal?

  • Diskon selalu berbatas waktu

Metode ini bukannya tak beralasan. Pengelola justru ingin menimbulkan kesan ketergesa-gesaan, sehingga para calon pembeli akan merasa memiliki momentum sempit dan terancam kehabisan barang yang diinginkan ketika shopping.

Nah, itulah beberapa fakta dibalik program diskon yang pasti sering Anda temui apabila sedang shopping di mal atau berbelanja online. Semoga bermanfaat!

 

November 11, 2017