Shopping Barang Bekas, Siapa Takut!

Posted by   Ihatrayudha   |   Categories :   Umum

Beberapa waktu yang lalu saya sempat terhenyak ketika seorang teman yang tampilannya selalu modis bercerita kalau kebanyakan baju yang dia pakai adalah baju yang dibeli dari pasar loak. Saya sempat tidak percaya, diajaklah saya dan  ternyata seperti menemukan permata di dalam lumpur. Tetapi memang banyak hal yang harus diperhatikan saat kita hendak shopping di pasar barang bekas antara lain:

  1. Gunakan baju yang simple, artinya yang memudahkan untuk bergerak
  2. Jangan memakai perhiasan berlebihan, tidak dipungkiri jika seringkali terdengar ada kecopetan
  3. Bawa uang tunai dan secukupnya saja
  4. Teliti dalam melihat barang
  5. Sabar dalam menawar dan jangan lupa untuk membandingkan harga. Tidak ada salahnya berputar-putar dahulu sebelum menentukan pilihan

Untuk barang bekas berupa baju, jangan langsung dipakai. Lakukan beberapa tahapan dahulu sebelum baju dipakai

  1. Rendam baju dengan air panas
  2. Bilas lagi dengan air mengalir
  3. Rendam baju dengan sabun cuci
  4. Cuci seperti biasa
  5. Jemur di tempat yang teduh
  6. Setrika dengan pewangi

Shopping barang bekas tidak hanya tentang baju. Ada pasar loak yang khusus menyediakan buku. Baik buku pelajaran, novel, majalah dan bacaan lainnya. Memilih buku bekas juga harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Kondisi buku
  2. Harga

Sekarang kita lebih dimanjakan lagi dengan adanya buku bekas yang dijual online. Salah satu keuntungannya adalah kita bisa melihat buku-buku yang dijual dengan mudah tanpa harus repot-repot membongkar tumpukan buku.

Ada pasar loak yang sangat menggoda yaitu pasar loak yang menjual barang-barang antik. Di pasar ini kita dituntut untuk sangat sabar membongkar tumpukan barang, melihat dengan cermat satu per satu. Kegiatan ini sangat menyenangkan, biasanya penjual akan menjelaskan secara singkat sejarah barang yang kita beli.

Yang perlu diingat kalau sudah di pasar loak adalah belanja saja yang sesuai kebutuhan. Jangan karena harga yang murah kemudian membuat kita lapar mata. Pilihlah yang benar-benar kita butuhkan dan sekali lagi perhatikan kondisi barangnya.

 

November 5, 2017